Inilah Beberapa Keuntungan yang Dimiliki Oleh Asuransi Syariah

Inilah Beberapa Keuntungan yang Dimiliki Oleh Asuransi Syariah

Asuransi mungkin bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat. Karena kini hampir sebagian besar orang memiliki jenis produk perlindungan ini. Namun tahukah Anda, bahwa selain produk asuransi konvensional kini juga ada produk asuransi syariah. Sesuai dengan namanya, asuransi syariah menggunakan prinsip-prinsip atau hukum Islam dalam hal pengelolaan keuangannya. Oleh karena itu penggunaannya dianggap sesuai untuk ditujukan bagi orang Islam yang sedang membutuhkan produk asuransi. Dari banyaknya info asuransi Indonesia untuk jenis asuransi syariah ini, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika memilikinya.

Meskipun asuransi syariah belum begitu populer di Indonesia, namun jenis asuransi ini mulai dilirik masyarakat. Hal ini lantaran peraturan yang ditetapkan dianggap menguntungkan bagi para nasabah atau konsumen. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Syariah memiliki konsep tolong-menolong.

Tolong-menolong dalam asuransi syariah adalah dengan konsep donasi. Dimana jika Anda membeli asuransi berbasis syariah maka Anda juga secara tidak langsung akan mendonasikan sebagian dana untuk membantu nasabah lain yang mengalami musibah. Meskipun dengan konsep demikian, dana tidak ada yang hilang selama berinvestasi. Pada periode waktu tertentu, seluruh keuntungan yang diperoleh akan dibagi sama rata untuk kedua belah pihak, sehingga lebih nyaman dan aman.

  • Lebih adil dan menguntungkan karena menggunakan konsep risk sharing, bukan risk transfer.

Salah satu info asuransi Indonesia untuk jenis asuransi syariah ini keuntungan lainnya yang bisa didapatkan adalah lebih adil. Dimana jenis asuransi ini menggunakan konsep risk sharing yang berbeda dengan asuransi konvensional. Manfaatnya bagi nasabah atau konsumen adalah kumpulan dana terbaru (sama seperti sebutan premi untuk asuransi konvensional) yang menguntungkan, yang bisa diambil manfaatnya, sehingga lebih adil.

  • Tidak adanya dana hangus karena konsepnya adalah titipan (wadiah).

Pada asuransi konvensional biasanya ada istilah dana hangus apabila tidak membayar premi sesuai dengan persyaratan minimal waktu yang telah disepakati di awal. Namun berbeda dengan asuransi syariah, tidak ada istilah demikian. Karena nasabah asuransi syariah bisa mengambil dananya kembali meskipun belum jatuh tempo.

  • Lebih transparan.

Dalam pengelolaan dananya, jenis asuransi ini menggunakan konsep pembagian yang jelas di awal. Hal inilah yang membuat asuransi syariah cukup berbeda dengan asuransi konvensional.

  • Tidak adanya riba atau larangan lainnya.

Dalam transaksi keuangan asuransi syariah, ada beberapa larangan yang dilarang untuk dilakukan, seperti riba, gharar (ketidakjelasan dana), dan maisir (judi). Saat Anda mengambil salah satu produk asuransi syariah dari suatu perusahaan maka dana Anda akan dikelola dengan proses yang sesuai dengan kesepakatan awal yang terhindar dari transaksi terlarang tersebut. 

  • Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah untuk menjamin transaksi dijalankan dengan prinsip syariah.

Semua industri keuangan syariah sudah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), termasuk juga untuk produk asuransi syariah. Bahkan untuk jenis produk yang dikeluarkan juga harus melalui persetujuan dari DPS terlebih dahulu. Sehingga ada jaminan bagi Anda maupun nasabah lainnya yang ingin menggunakan produk asuransi syariah. Dimana tidak perlu khawatir produk yang dibeli menyimpang dari syariat Islam.

Dari banyaknya info asuransi Indonesia, Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi syariah sejak tahun 2006. Mengenai kinerja pelayanan Allianz untuk produk asuransi syariahnya pun tidak perlu diragukan lagi karena sudah terbukti bagus dengan banyaknya penghargaan yang telah diterima. Selain itu, Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi swasta di Indonesia yang sudah memiliki kredibilitas bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *