Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Saat ini perkembangan asuransi terbilang cukup pesat. Terlihat dari banyaknya pengguna produk perlindungan ini dan juga banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan layanan jasa ini. Banyak produk asuransi yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk kebutuhan individu maupun keluarga. Salah satu jenis produk asuransi yang banyak dimiliki adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa cukup terkenal di kalangan masyarakat karena info asuransi Indonesia untuk jenis ini terbilang sangat banyak. Begitu pula perusahaan asuransi yang menawarkan produk ini pun juga sangat banyak.

Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang sangat disarankan untuk dimiliki oleh mereka yang berperan sebagai tulang punggung keluarga. Karena jenis asuransi ini akan membantu menghindari resiko finansial jika tertanggung yang berperan sebagai pencari nafkah dalam keluarganya mengalami musibah, seperti sakit, kecelakaan, atau meninggal dunia yang menyebabkan sumber pemasukan keuangan dalam keluarga terganggu. Dengan memiliki asuransi jiwa, keluarga atau ahli waris akan terlindungi dari segi finansial karena perusahaan akan memberikan sejumlah uang pertanggungan yang sudah disepakati sejak awal membeli produk asuransi.

Banyaknya info asuransi Indonesia untuk jenis asuransi jiwa tentunya bisa sangat membantu bagi Adapun cara tepat dalam memilihnya bisa disimak tips-tips yang berikut ini:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Produk asuransi jiwa sangatlah beragam. Jika Anda ditawari oleh perusahaan asuransi dengan berbagai produk yang beragam, pastikan memilih produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan , dan tujuan keuangan keluarga.

  • Sesuaikan dengan anggaran keuangan.

Pastikan dengan memiliki produk asuransi jiwa, anggaran keuangan Anda tidak terganggu. Maka dari itu, pilih asuransi jiwa dengan premi yang sesuai dengan anggaran Anda. Idealnya, alokasi dana untuk kebutuhan asuransi berkisar dari 10-20 % dari total pendapatan Anda. Sehingga masih stabil dan tidak mengganggu keuangan keluarga.

  • Pertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi.

Banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan produk asuransi jiwa. Mengingat asuransi merupakan perjanjian jangka panjang, pastikan Anda membeli di perusahaan yang berkredibilitas tinggi. Pilihlah perusahaan yang bisa mengelola keuangan dengan baik. Untuk itu, cari info sebanyak-banyaknya mengenai beberapa perusahaan asuransi agar tahu seluk-beluknya. Untuk mengetahui perusahaan asuransi tersebut bermasalah atau tidak bisa dilihat dari laporan keuangannya yang sering dipublish di surat kabar atau media massa lainnya. Perhatikan juga RBC (Risk Based Capital) perusahaan tersebut, apakah sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah yang minimalnya adalah 120%.

  • Pilih perusahaan asuransi yang menawarkan layanan ekstra.

Pertimbangan mengenali layanan ekstra, seperti layanan pelanggan 24 jam misalnya. Sehingga dengan adanya layanan ini memungkinkan Anda terbantu kapanpun dan dimanapun jika membutuhkan informasi mengenali produk asuransi jiwa yang dibeli. Ketahui bagaimana prosedur klaim yang digunakan, mulai dari persyaratan yang dibutuhkan hingga berapa lama klaim akan dibayarkan. Selain itu, ketahui juga apakah perusahaan asuransi tersebut bekerja sama dengan pihak rumah sakit, sehingga akan memudahkan nasabah dalam memproses klaim tanpa harus membayar terlebih dahulu. Adapun salah satu perusahaan asuransi yang memiliki kriteria demikian bisa Anda lihat dari perusahaan Allianz, yang dari segi pelayanan sudah terbukti baik.

  • Miliki selagi Anda sehat.

Bagi Anda yang sudah sering mencari info asuransi Indonesia untuk jenis asuransi jiwa tentu tahu bahwa agar premi yang dibayarkan semakin rendah, maka harus memulainya sejak dini. Selain itu, mengingat beberapa perusahaan asuransi memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam hal kondisi kesehatan calon pembeli asuransi jiwa mereka, maka beli asuransi saat masih kondisi sehat. Karena premi yang dibayarkan akan lebih minimal dibandingkan dengan saat membelinya diwaktu sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *