Siapa Bilang Cara Klaim Asuransi Kesehatan Reimburse Ribet, Sebenarnya Mudah Cukup Ikuti 4 Langkah Ini!

Siapa Bilang Cara Klaim Asuransi Kesehatan Reimburse Ribet, Sebenarnya Mudah Cukup Ikuti 4 Langkah Ini!

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi. Cermat di dalam memilih sehingga nantinya tidak akan rugi setelah membeli produknya, karena Anda bisa mendapatkan manfaat secara optimal untuk proteksinya. Salah satu diantaranya adalah wajib tahu cara klaim asuransi tersebut. Banyak orang yang nyatanya asal membeli asuransi tersebut, namun tidak bisa mengajukan klaimnya, sehingga tidak bisa menerima manfaat asuransi secara optimal.

Diantaranya seperti asuransi kesehatan, karena faktanya ini jadi jenis asuransi paling penting yang harus dimiliki setiap orang. Akan sangat berguna ketika Anda sakit nanti, karena ada tanggungan biaya pengobatan yang diberikan. Dalam asuransi kesehatan ini sendiri prosedur klaimnya terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah sistem reimburse dan juga cashless. Meskipun dari segi klaimnya memang lebih mudah cashless, namun dikarenakan harga preminya relatif lebih mahal, ditambah dengan pilihan rumah sakit untuk pemakaiannya terbatas. Maka lebih banyak diantaranya yang cenderung memilih jenis reimburse.

Bagi Anda yang menggunakan jenis reimburse ini mungkin akan menganggap prosedur atau cara klaim asuransi tersebut agak ribet, namun jangan khawatir berikut ini tata caranya yang bisa Anda ikuti, sehingga klaim bisa langsung disetujui, yaitu:

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi polis asuransi tersebut masih aktif, biasanya jika Anda rajin membayar premi setiap bulannya, maka polis akan aktif dan bisa digunakan.
  2. Kenali terlebih dahulu apa saja yang dapat diklaim dari asuransi tersebut, karena mungkin untuk pembiayaan beberapa jenis penyakit tidak bisa, karena termasuk pengecualian yang ada dalam klaim. Jika seandainya kondisi Anda termasuk yang bisa mendapatkan klaim, maka bisa masuk ke tahap selanjutnya.
  3. Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan secara lengkap, ini adalah hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan, karena jika seandainya ada syarat-syarat dokumen yang tidak dilengkapi, sudah pasti pengajuan klaim juga akan ditolak. Diantaranya adalah bukti kwitansi pembayaran, polis asuransi tersebut, mengisi formulir, pastikan isi dengan benar sesuai dengan yang tertera di polis, hingga beberapa jenis dokumen penunjang yang lainnya juga harus disertakan.
  4. Segera menghubungi pihak asuransi, biasanya mereka akan menyuruh Anda untuk mengirimnya lewat pos, jika memang kantor cabangnya jauh atau mengharuskan ke pusat, atau sekarang ini juga akan proses pengajuan klaim secara online yang bisa semakin mempermudah Anda, tunggu sampai nantinya pengajuan klaim tersebut diproses oleh perusahaan dan uang ganti rugi masuk ke rekening.

Memakan waktu yang agak lama memang, namun karena harga preminya lebih murah, tak heran jika lebih banyak yang memilih asuransi ini. Cukup mengetahui prosedur atau cara klaim asuransi nya dengan benar maka Anda bisa mendapatkan manfaatnya. Agar klaim lebih mudah beli asuransi dari perusahaan terpercaya seperti Asuransi Allianz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *