Tidak Sekedar Halal, Ketahui Beragam Manfaat Asuransi Syariah yang Lainnya Berikut

Belakangan ini jika dilihat produk asuransi memang semakin banyak jenisnya. Tak hanya yang konvensional, melainkan juga ada tawaran asuransi syariah, mungkin banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan istilah ini bukan. Syariah sendiri pada dasarnya adalah sistem keuangan yang menggunakan hukum Islam sebagai prinsipnya. Sehingga ada jaminan kehalalan pada produknya, apalagi di Indonesia sendiri jika dilihat mayoritas penduduknya adalah seorang muslim. Manfaat asuransi ini tentunya tak kalah dibandingkan dengan produk asuransi konvensional. Jadi tidak heran jika seandainya banyak yang memilihnya.

Berikut ini diantaranya beberapa manfaat yang ditawarkan oleh produk asuransi jenis syariah yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Ia berdiri dengan prinsipnya yaitu tolong menolong, jika perusahaan asuransi konvensional menerapkan sistem dimana pemegang polis harus membayar premi kepada perusahaan asuransi, dimana nantinya perusahaan asuransi akan memberikan jaminan ganti rugi jika seandainya terjadi masalah. Jadi resiko dan juga keuntungan menjadi milik dari perusahaan asuransi. Maka berbeda untuk asuransi syariah ini, dimana memang premi yang dibayarkan nantinya akan masuk ke rekening bersama, dimana nantinya mereka akan membagi resiko ke semua peserta asuransi tersebut, dimana hubungannya adalah saling menanggung resiko dengan perusahaan dan juga administrator tersebut.
  2. Tidak ada skema dimana dana hangus, ketika nasabah asuransi tidak segera mengajukan klaim dalam jangka waktu yang ditentukan, maka uang tersebut secara otomatis juga akan hangus dan menjadi hak milik dari perusahaan, namun pada jenis asuransi syariah ini tidak demikian. Karena memang konsep yang digunakan adalah wadah atau titipan. Jadi bagaimanapun caranya nanti uang tersebut akan dikembalikan kepada peserta asuransi yang sudah dipisahkan dari rekening bersama.
  3. Tidak ada riba, ada jaminan bahwa produk yang Anda beli tersebut halal, karena di dalamnya tidak memberlakukan sistem riba atau bunga sama sekali. Apalagi memang jika dilihat untuk jenis model bisnis yang diberlakukan adalah menggunakan prinsip atau hukum ekonomi islam, sehingga setiap apa yang dijalankannya terbebas dari riba.
  4. Bisa dilakukan double claim, dimana ada beberapa perusahaan yang memang tawarkan fasilitas double claim, dimana produk ini tidak terdapat pada produk asuransi konvensional. Sehingga nantinya Anda juga mendapatkan uang pertanggungjawaban yang lebih besar.
  5. Pembagian keuntungan yang tinggi, dimana untuk pembagian nisbah bisa sampai 70 persen untuk nasabah, sedangkan 30 persen lainnya adalah untuk perusahaan asuransi tersebut.

Dengan begitu banyaknya manfaat asuransi syariah, tak heran jika seandainya cukup banyak diantara masyarakat yang memilih membeli produk keuangan satu ini. tidak perlu ragu untuk membeli, mengingat jika dilihat dari pilihan perlindungannya juga sangat beragam. Diantaranya Anda bisa membeli produk tersebut dari Allianz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *